Minggu, 26 Februari 2012

Seminar talkshow "Future planning"

Minggu pagi , bangun k'pagian ,,,
Klo hari libur pasti bangunnya pagi, tp kalo hri ngampus ... Bawaannya ngantuk , bngun ksiangan :s hhhaa

Ya langsung  bersiap ke kampus utk menghadiri seminar  talkshow dengan tema "Future Planning" yg di adakan oleh HIMA PSPD FK UNLAM .



Btw,., ni aku lagi nunggu acaranya mulai ,. Di jadwwal jm 8 .,.
Biasa lah ., INDONESIA.,.  Pesertanya Ngaret dulu :o Ohhh Nooo

Sambil nunggu nulis post ini pake ipad :D (sombong) -_-'

Disini nanti aku tulis ., apa aja isi seminar yg mungkin sangat bagus buat motivasi seorang calon dokter utk bagaimana nanti langkah ke depannya kita ,,
Apakah jdi dokter spesialis ?
Apakah jdi dokter rumahsakit ?
.,,.,.,.,.,..,,.,.dokter umum ?
,.,.,..,.,.,.,,.,.dokter bisnis ?
Atau,.,..,,..,.dokter dokteran ??????

,.
Nah skarang acara sudah dimulai .,,.

Teman saya Hayati Rizki Putri PSPD'11 menjadi Pembawa acaranya .

Dengan pembuka sambutan dri ketua pelaksana acra Ka Firda wirdasari dri PSPD'10

lanjut sambutan dri ketua HIMA PSPD ka Bimo Harmaji PSPD' 10

Kemudian sambutan dari Ketua Progam Studi Pendidikan Dokter UNLAM yaitu dr.Didik Dwi Sanyoto MKes.MMed.Ed
Beliau mengatakan bahwa acara talkshow ini sangat bagus dan baru pertama diadakan oleh Kampus utk pengembangan mahasiswa ke depan..  Dan dengan BISMILAH beliau buka acara seminar ini !!!!!

Acara di buka dengan doa pembuka oleh M.Sahal imadudin PSPD'11


#
Acara seminar pertama oleh dr. Iwan Aflanie ,Sp.F . MKes
Dengan moderator Feriska Bunda PSPD'11
Semua organisasi beliau pernah injak ! Dan sekarang baru saja beliau di  lantik sebagai Ketua IDI Kalsel
Singkat lngsung ., :)
Mderator : knp harus mmilih spesialis forensik dok ?

Bliau jawab " saya dulu tidak pernah berfikir untuk menjadi dokter , pda saat smp saya ingin menjadi seorang insinyur..
Kemudian saya berfikir lagi bahwa apabila menjadi seorang dokter itu adalah profesi yg mulia.... Mulailah saya langkahi kuliah kedokteran ., waktu berjalan ,, saya menjadi asisten dosen di bagian biokimia ., saya menjadi asdos biokim .
Nah saat koas ,,. Di bagian patologi klinik .,. Pada saat itu saya pernah berbicara dengan kepala bagian rumah sakit bahwa saat ini di RS kita tidak mempunyai dokter yg spesialis forensik ...
Dalam hati muncul kemauan dengan mengambil spesialis ., akan tetapi karena biaya yg terbatas ,. Saya berusaha keras untuk mencari beasiswa beasiswa ,. Agar saya dpat menuntut ilmu lebih tinggi lagi ,..,
Bersyukur lh saya mendapatkan beasiswa ,. Kemudian saya lanjutkan pendidikan ke jogja untuk mengambil S2 dan sekaligus saya ambil Spesialis Forensik krena saya ingat bahwa diBanjarmasin pada saat itu sangat kekurangan tenaga Forensik ,.,.
Saya jalani kehidupan di jogja sambil ngekost,.., pda saat di jogja saya sempat masih berwisata ke tempat2 wisata ,.
Skarang setelah menjadi spesialis , itu lah kenangan2 saya yg paling berkesan pda saat menuntut ilmu
Stelah itu saya harus menjalankan tugas sebagai ahli forensik di Rumah Sakit ...
Moderator : kita ketahui bahwa yg namanya  forensik pasti berhubungan dengan org yg sdh tidak hidup ? Mnurut dokter bgaimana ?

Jawab : ini adlah pertanyaan yg sering saya dengar , jadi. Saya harus meluruskannya.., sebenarnya ,Faktanya pada saat saya di rumah sakit saya sering berhubungan dengan orang yg hidup ! Tegas beliau
Jadi, forensik ini bukan hanya menyelidiki kematian orang . Tetapi juga meneliti ,misal ada korban aniaya .. Kita periksalah korban bagaimana si pelaku melakukan penganiayaan . Tugas kita selanjutnya sebagai ahli forensik nanti juga akan menjadi saksi di dalam persidangan ..
Nah saya berharap bukan Hanya seorang dokter yg memahami ilmu kedokteran ..
Seperti yg kita ketahui profesi dokter sama dengan hakim .. Krena sama sama dapat memutuskan keadilan !!
Tetapi Basic seorang dokter sangat tepat apabila Menghadapi kasus seperti itu dengan ilmu kedokterannya
Sedangkan seorang Hakim mungkin kurang mengetahui bagaimana secara detail si korban di perlakukan . . . Jdi timbul keraguan apabila nantinya tidak dapat berbuat secara Adil ,..
Usul saya Hakim, Jaksa , sarjana hukum juga mengetahui ilmu kedokteran . Agar kdepan dapat bertidak secara lebih adil !!

Susunlah strategi kalian untuk masa depan berdasarkan pengalaman dan masukan2kan dri orang2 yg ada di sekitar kita ..
Sebenarnya beberapa hal yg sering kita dengar ., dari ortu , teman , org lain yg bru kenal .. Itu merupakan bberapa sugesti utk masa kita...

Nah nanti pada saat kita mempunyai banyak kesibukan ., sebagai dokter melayani banyak pasien ,, menjadi dosen .,. Menjadi seorang pembicara .,.,
Pasti ada pikiran rasa jenuh dalam hidup saya , cara sya menyikapinya yaitu dengan memiliki banyak jalan.. Misalkan jalan buntu pasti hanya akan ada jalan itu saja dan itu yg membuat jenuh .,. Akn tetapi dengan bnyaknya jalan seperti halnya saya menyukai bersepeda , bermain bolatangkis dLL itu lah yg membuat saya tidak jenuh lagi dalam menghadapi hidup .
Jadi, Jangan pernah mengeluh untuk memiliki waktu untuk bersantai .,., jalani hidup ., berdoalah kepada yg maha kuasa ...
saya yakin dengan stiap apa yg dilakukan ... Akan di balas Oleh Allah yg MahaKuasa  di Akhirat nanti

Saran lagi dari saya ,
Jangan seperti Saya .... Jangan ikuti langkah saya !!
Tapi Berusahalah Lebih Baik Dari Saya !!!
Di masa depan jangan hanya kuasa ilmu di satu bidang ., tpi kuasailah dan perdalami juga bidang2 lain
Karena kita tau di masa depan pasti akan lebih banyak saingan dan akan semakin susah untuk mendapatkan prestasi !
Maka Blajar lebih banyak lagi ,. Sugesti dari saya :)

Itu tdi adlah hsil talkshow dengan dr.Iwan

Skrang pukul 10.03 break bntar nunggu pembicara brikutnya ,.

Nonton stand up comedy Raditya Dika .. Di setel pke LCD oleh panitia buat hiburan :) ., asikk.,.,



#
Pembicara ke-2 adalah dr. Danny Indrawardhana
Yg di moderatori oleh ka Akbar Rihansyah PSPD'10
 dr.danny skarang adalah direktur Rumah sakit Mutiara Bunda mulai mei 2011.
Dan banyak riwayat organisasi beliau ., salah satunya TBM-cs
Singkat saj ...

Beliau bercerita tentang aktivitas  , skrang hampir tidak terlalu banyak pekerjaan , dan beliau juga hampir tidak pernah untuk membuka praktek umum di sore hari , ttpi lebih kebanyakan mngabdi di Rumahsakit .

Moderator : apakah selama melakukan aktifitas kedokteran , pernah merasakan benak2 cinta?

Beliau mnjawab " kalau untuk love story ya pasti ada ,. Akan tetapi masalah sperti ini langsung saya handle ke istri saya.,. Wkwkwkwkww.
Ternyata sdh punya istri

Sya dulu gak ada bayangan jadi dokter ,.., saya maunya jadi tentara !!
Dulu saya sekolah di SMA taruna ,. Saya gagal untuk manjadi tentara krena orangtua saya tidak menandatangani arsip saya !
Orang tua saya tidak kendukung utk mnjadi tentara .
Saya hampir tidak mempunyai bayangan utk masa depan saya .,,
Stelah gagal masuk tentara saya mencoba utk masuk stan
Akan tetapi saya lebih dahulu di terima untuk kuliah di kedokteran ,. Dannsaya jalani ..
Dulu saya sempat lama pada saat S.Ked ,.,.
Krena pada saat itu saya sering bolos ., krena kurang punya semangat ,.
Saya juga tidak menyangka skarang menjadi direktur RS :p...

Moderator : apkah yg menjadi direktur RS hrus dari tenaga Medis ? Seperti anda seorang dokter ? Atau dri keperawatan dan tenaga medis lainnya ?

Jawab : menurut saya benar untuk memimpin sesuatu seperti puskesmas, rumah sakit dan suatu tempat layanan kesehatan harus di pimpin oleh seorang tenaga medis .
Mohon maaf ,kalo menurut pendapat saya harus seorang dokter yg pantas untuk memimpin ato menjadi direktur ,.., dari segi pendidikan ,.,. karena kita sebagai seorang dokter memiliki perbedaan dri segi ilmu yg di dapat ., krena ilmu kedokteran yg kita pelajari yaitu semuanya yg benar2 medis .,., kalau yg lain hanya mempelajari dari beberapa ilmu kedokteran ..
Itulah keuntungannya kita sebagai seorang dokter.... Hheee

Moderator : bagaimana menurut dokter , cara pembelajaran masiswa kedokteran yg skrang ? Apkh besok tutor blajar mlmnya  ? Mau pretest malamnya juga bljar ? Bgaimana dok ?

Jawab : saya jujur bukanlah mahasiswa yg berprestasi pada saat kuliah ..,.,
Akan tetapi saya punya teman s'angkatan dulu.,., dia sering beberapa kali mendapatkan IP 4,0 .,.,., wow sekali kan . .
Yg saya ketahui ., knp dia bisa mendapatkan IP stinggi itu .,., memang karena komitmennya adalah belajar terus ! .,
Yah kembali lagi ,.., Blaja , blajar blajar , blajar .,.,
Itulah KUNCINYA .,

Moderator : saya dengar dokter pecinta musik ? Saya juga pecinta musik dok :) ! Apakah metode pembelajaran sambil di iringi dengan  musik apakah efektif ? Katanya ad yg bilang , bljar dengan musik dapat menyamankan proses blajar ?

Jawab : iya saya memang suka dengan musik :) , Mnurut saya lebih ke diri orang itu masing-masingnyan,.., tiap org berbeda2 cara blejarnya .
Sbgai contoh, sya dulu punya bberapa teman yg berbeda-beda pda cra blajar , dlu ad teman saya itu yg benar2 harus tidak ada kehidupan sama sekali agr blajarnya enak,.,. ( hhhahahaa ) itu kamar ia kunci terus lampu di nyalakan terang skali .
Trus ada teman saya yg blajarnya di warung .!? Jadi setiap di warung di blajar dari prin-out2 dosen . Stiap selembar dia pelajari , dia robek selembar dan di buangnya !? Yg ajaibnya setelah besoknya ada test .. Ternyata nilainya sangat bagus ,. Wow luar biasa

Jadi direktur enaklah ,. Hhe
Saya tidak pernah mengubah gaya hidup saya , pda saat menjadi direktur :)
Pake ransel dan memakai kendaran roda2 saja ., mnurut saya itu sdh paling enak .,.,
Dan saya tidak pernah membayangkan akan mendapatkan beberapa knalan baru ,. Dengan ini saya dpat mnambah relepansi komunikasi kita terhadap banyak orang .,.,
Apa sih yg buat kita ini sukses ?
-Apkah IP tinggi ?
-Tampang keren ?
-Banyak harta ?
.,..,.,..,..,.,.,,.,.,.,.,,.,.,.TIDAK
Jawabannya :  IZIN ALLAH + SOFT SKILL
Soft skill itu adalah kemampuan kita mengolah diri !
Riset dri amerika menyatakan bahwa soft skill sangat di perlukan untuk perguruan tinggi .
Dari semua yg saya bicarakan ,. Ambil yg baiknya saja ,.,. Yg buruknya di buang saja ..,
Intinya janganlah seperti saya ,. Jangan mengikuti cara hidup saya .,
Cobalah dengan cara kalian sendiri .,,. Percayalah tuhan selalu melindungi dan menolong !!

Itu tdi seminar dri dr.Danni
Skrang pukul 11.54  lagi break makan siang .,,.
Alhamdulilah dapat konsumsi .,., yes :D
Sambil nntn stan up comedy Raditya dika  lagi :)


#
Ya skrang pembicara terakhir
dr.Agung Ari Wibowo, Sp.B ( K )
Dengan moderator Ka Dita Nidya PSPD'10
Ia adalah dokter pertama dri lulusan FK Unlam  dan Dokter Konsultan pertama.
beliau juga dikenal di kagumi oleh para mahasiswi kedokteran karena ke tampanannya :p hhe
Cekidot !!!

Moderator : knp jadi memilih profesi sebagai dokter ?

Jawab : Kebetulan !?!?!?! Jawab beliau. Wkwkwkwkwkwk
Tpi menurut saya seorang cowo itu harus mempunyai otot dan otak .
Jadi dlu saya kuliah kedokteran karena di suruh oleh orang tua.,., dan akhirnya saya jalani ,. Terus saya berfikir untuk mendalami ,.apasih sesuatu yg mengandalkan otot dan otak ? Jadilah saya ambil spesialis bedah ,. Krna itu mengandalkan keduanya itu ,,. Hhaahaa

Kemudian saya berfikir ,.,.
Bagaimana sih caranya agar kita ini sebagai lulusan FK UNLAM ini terkenal ke nasional .. Kan ga mungkin kita mau jadi dokter di kelurahan aja , di RT aja , di kampung mana aja gtu.,,. Jadi kita harus memikirkan langkah yg baik utk mengembangkan kualitas.,,.
Muncullah ke inginan saya untuk menjadi dokter konsultan .,.,
Karna dengan itu kita dapat dikenal oleh orang. Bukan hnya di daerah tersebut ,. Bahkan sampai k nasional.,
Alhamdulilah saya dokter konsultan Pertama lulusan FK UNLAM .
Jadi saya adalah org yg Beruntung ,. Wkwkwkwk

Moderator : katanya dokter pernah ke jepang ? Ngapain dok ? Wkwkwk

Jawab : nah itu juga kebetulan ,.,. Hhahahaaa
Karena saya tidak bisa bahasa inggris ,. Jadi saya ke jepang :p ,.( jago bhasa jepang berarti )
Di sana saya sekolah untuk menjadi ahli konsultan digestive .,.

Moderator : apa sih dok perbedaan dokter jepang sma kita di indonesia ?

Jawab : perbedaannya adalah ,. Kalau disana dokter sangat di hargai ., misalkan seorang dokter melakukan sebuah operasi ,.., pasien dengan ramah yg memberikan upah biaya yg tinggi ke dokter tersebut .,  apabilankita di indonesia ., kita melakukan sebuah negosiasi dulu , baru melakukan tindakan ,.., itulh Indonesian
Kemudian dari segi umur pendidikan disana yg ilmu pendidikannya sama seperti saya justru lebih muda-muda ,.
Jdi saya di sana yg paling tua ,.,. Hheheee. .

Saya dulu pada saat kuliah ip saya rendah ,.., saya PMDK
PMDK = Persatuan Mahasiswa Dua Koma ,.., hhhhaaa
Ini bener .,. Dan org2 yg melihat saya skarang malah tidak percaya dengan nilai2 saya dulu pda saat kuliah ,.,.
Yah skarang berarti krena Kebetulan itulah saya begini :p .,,.

Sedikit cerita pada saat koas ,.
Saya sangat enjoy menjalaninya .,., bahkan apabila saya tidak bertugas ,. Saya sering tidur di rumah sakit,. Rumah sakit itu bagaikan rumah saya kedua ,.,. Hhe
Jadi jangan takut pada saat koas ,. :)

Moderator : kan dokter dengan istrinya sama sama spesialis . Bagaimana cara dokter untuk membagi waktu buat kluarga , khususnya anak ?

Jawab : itu semua tergantung dari sebuah komitmen kita !
Kalo dari saya ada 3 tips ' yaitu
Sebagai kekasih......
Sebagai partner ........
Sebagai teman ..................
Jadi istri saya , saya perlakukan begitu,. Sehingga saya merasakan kesejahteraan tersendiri dalam berkeluarga :)

Jadi , jangan seperti saya yah ,.,. Karena saya adalah orang yg Beruntun ., hhheee
Berusahalah lebih baik dari saya .,.,



Itu tadi adalah beberapa talkshow dari dokter2 yg sukses di karirnya masing2 ..
Semoga dari masukan yg di berikan pada seminar ini dapat kita terapkan ke depan .

Untuk penutup acara
di akhiri dengan doa ,. Di pimpin oleh ka Wahyu Husada Aditya Putra PSPD'10

Acara seminar talkshow berakhir pukul 01.41 siang


Berimajinasi akan Jadi apa anda di kemudian hari ?

Tentukan pilihan anda sekarang :)


Tulisan saya di atas berdasarkan sumber dan beberapa saya tambahkan :)
Mohon maaf apabila ada salah kata dalam post ini
Terima kasih ...


M.Rizky Tri Aditya
FK UNLAM PSPD'11

4 komentar:

Rijalullah Muhammad Qayyum mengatakan...

asik, ada reviewnya nah, haha.. berarti bagus banar acara yang ku sosialisasikan, ahaha

Adiet PSPD'11 mengatakan...

Aku lagi rajin nulis boy :D

Tpi acaranya good .,., prokernya bagus buat sharing..,.

ameony mengatakan...

semua pengisi acara di sebut. cuma aku yg ngk. :( tp bgus postingannya. :)

Adiet PSPD'11 mengatakan...

Trima kasih :)

add facebook ana :) .....